Astigmatisma definisi • kelainan refraksi dimana berkas cahaya tidak jatuh pada suatu titik fokus Klasifikasi • Jatuhnya fokus sinar dapat dibagi menjadi 5: 1. klasifikasi • Hipermetropia simpleks Gejala klinis • Hipermetropia patologik Klasifikasi Astigmatisma Reguler Ireguler Tidak lazim Lazim (with (againts the the . Klasifikasi – Astigmatisma hipermetropikus simpleks – Astigmatisma miopikus simpleks – Astigmatisma hipermetropikus kompositus – Astigmatisma miopikus.

Author: Bagal Kezahn
Country: Bangladesh
Language: English (Spanish)
Genre: Relationship
Published (Last): 13 December 2016
Pages: 223
PDF File Size: 5.59 Mb
ePub File Size: 19.45 Mb
ISBN: 976-7-53240-675-2
Downloads: 74491
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Taulabar

Cetakan ke-6; Hal BonamBonamTinjauan PustakaAmbliopia Ambliopia adalah suatu keadaan mata dimana tajam penglihatan tidak mencapai optimal sesuai dengan usia dan intelegensinya walaupun sudah dikoreksi kelainan refraksinya.

Metode ini mencegah terjadinya efek samping farmakologik atropine. SITE To ensure the functioning of the site, we use cookies.

Kasus 1 Dr Michael

Kabur pada penglihatan terjadi secara perlahan-lahan. Astigmatisme dipercayai diturunkan dengan cara autosomal dominan. Misalnya bila kedua mata eksotropia atau esotarmia, maka bila matakontrlateral ditutup, maka yang satunya tetap pada posisi semula, tidak ada usaha untuk refraksi bayangan.

Ambliopia AnisometropikAmbliopia anisometropik terjadi akibat terdapatnya kelainan refraksi kedua mata yang berbeda jauh. Kasus Jiwa Dr Siti Documents.

Kasus 1 Dr Michael Download Report. Koreksi aphakia pada anak dilakukan segera mungkin untuk menghindarkan terjadinya deprivasi penglihatan akibat keruhnya lensa menjadi deficit optikal berat. Bila fusi tepi tidak kuat maka dapat terjadi strabismus manifes, dalam hal ini terdapat mikrotopia atau sindrom monofiksasional.

Kelainan ini disebut sebagai ambliopia stabismik dimana kedudukan bola mata tidak sejajar sehingga hanya satu mata yang diarahkan pada benda yang dilihat. Mixed astigmatism — Satu meridian prinsipal adalah hiperopik, yang satu lagi miopik. Keuntungan tes ini bisa, digunakan untuk screening secara cepat sebelum, dikerjakan terapi oklusi, apabila penyebab ambliopia tidak jelas. Dibutuhkan waktu untuk mengatasi ambliopia sangat lama sesudah koreksi tajam penglihatan terbaik. Tes tutup alternatFiksasi eksentrik bilateral adalah suatu kelainan yang jarang dijumpai dan terjadi pada pasien-pasien ambliopia kongenital kedua belah mata dan dalam hal ini pada penyakit macula bilateral dalam jangka lama.

  KHAK AUR KHOON BY NASEEM HIJAZI PDF

Daasar teknik pemeriksaan dalam ilmu penyakit mata. Contohnya, pasien yang miopia pada meridian vertikal dan emmetropia pada meridian horizontal akan melihat garis-garis vertikal tampak distorsi, sedangkan garis-garis horizontal tetap tajam dan tidak berubah. Di perkirakan ada dua factor yang dapat menyebabkan ambliopia yaitu supresi dan nirpakai.

Penyulit strabismik ambliopia bila mata baru mengalami juling akan terjadi keluhan diplopia.

Distorsi dari bagian-bagian lapang pandang 2. Untuk astigmatisme miopia, digunakan silinder negatif, untuk astigmatisme hiperopia, digunakan silinder positif.

American Academy of Ophthalmology: Penderita juga mengeluh pusing setelah membaca tulisan dan melihat jauh. Keluhan kabur bermula pada mata kanan, lalu mata kiri. Motilitas okular, penglihatan binokular, dan akomodasi — termasuk pemeriksaan duksi dan versi, tes tutup dan tes tutup-buka, tes Hirschberg, amplitud dan fasilitas akomodasi, dan steoreopsis. Riwayat kedua orang tua memakai kacamata Penyakit mata lainnya: Kasus Dari Dr Sukiman Documents. Symmetrical — Meridian-meridian prinsipal setiap mata berada pada posisi simetris dari deviasi garis median.

Fiksasi eksentrik ringan derajat minorhanya dapat dideteksi dengan uji khusus, seperti visuskop, banyak dijumpai pada penderita ambliopia strabismik dan hilangya penglihatan ringan.

LAPORAN KASUS ASTIGMATISME

Meski kelainan refraktif paling umum dikoreksi dengan kacamata atau lensa kontak, koreksi bedah laser sekarang makin populer. Pengobatan dengan memberikan kaca mata hasil pemeriksaan refraksi. Tak ada riwayat memakai kacamata sebelumnya.

Jika permukaan kornea atau lensa tidak rata, sinar tidak direfraksikan dengan cara yang sama dan menghasilkan bayangan-bayangan kabur yang tidak terfokus pada retina. Michael Astivmatisma 1 Prof. Anak yang peka terhadap masukan abnormal yang diakibatkan rangsangan deprivasi, strabismus, atau kelainan refraksi yang signifikan. Koreksinya dengan gabungan lensa sferis negative dan lensa silindris positif dengan catatan kekuatan lensa silinder lebih besar dari pada sferis.

  ARABSAT CHANNELS LIST PDF

LAPORAN KASUS ASTIGMATISME – PDF Free Download

Variasi maksimum yang bisa ditoleransi sebesar 15o. Koreksinya dengan pemberian lensa silindris negative untuk memundurkan focus yang di depan retina agar bias menjadi satu dengan focus yang di retina. Kalloniatis M, Luu C. Sepanjang terapi terus menunjukkan kemajuan, maka penatalaksanaan harus tetap diteruskan.

Hal ini untuk menghindarkan terjadinya ambliopia pada mata yang baik. Ada faktor prnyulit bila fusi tepi kuat maka tidak terjadi strabismus menifes, sebab itu sering tidak terdeksi sampai ada pemeriksaan tajam penglihatandi sekolah. George Biddle Airy pada tahun merupakan orang pertama untuk mengkoreksi astigmatisme dengan menggunakan lensa sferosilinder. Suatu kausa ekstraneural yang menyebabkan menurunnya tajam penglihatan seperti katarak, astigmat, strabismus, atau suatu kelainan refraksi unilateral atau bilateral astitmatisma tidak dikoreksi merupakan mekanisme pemicu yang mengakibatkan suatu penurunan visual pada orang yang sensitif.

Jika aksis dari setiap mata dikoreksi dengan lensa silinder dengan tanda yang sama dan jumlah sudutnya o, astigmatisme itu simetris. Kelainan Refraksi dan Kacamata. Dahulu ambliopia ini diduga karena juling, pada saat ini ambliopia eks anopsia diduga disebabkan supresi atau suatu proses aktif dari otak untuk menekan kesadaran melihat.