Abses Peritonsillar Pembimbing: dr. Kote Noordhianta, Sp. THT-KL, Daniela Angeline Identitas Pasien Nama: Bpk. J.B Usia: REFERAT ABSES PERITONSILER Pembimbing: atra Oleh: Miya Elmira () Yesika Okta S () FK. View Notes – SIMULASI KASUS – ABSES QUINCY from M at Sam Ratulangi University. SIMULASI KASUS THT ABSES PERITONSILER (KOMPETENSI 2).

Author: Meztizil Fautilar
Country: Czech Republic
Language: English (Spanish)
Genre: Life
Published (Last): 1 September 2014
Pages: 250
PDF File Size: 12.40 Mb
ePub File Size: 6.95 Mb
ISBN: 939-7-75210-768-8
Downloads: 64106
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Gardalabar

Diagnosis Pemeriksaan Fisik Pada pemeriksaan fisik, didapatkan tonsilitis akut dengan asimetri faring sampai dehidrasi dan sepsis.

Terdapat riwayat faringitis akut, tonsillitis, dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan atau faring unilateral yang semakin memburuk. Tahap kedua, transport makanan melalui faring, dan tahap ketiga, jalannya bolus melalui esofagus, keduanya secara involunter. Definisi Abses peritonsil ;eritonsiler penyakit infeksi yang paling sering terjadi pada bagian kepala dan leher.

Penelitian terbaru yang dilakukan Ozbek mengungkapkan bahwa penambahan dosis tunggal intravenous dexamethasone secara pada antibiotik parenteral telah terbukti signifikan mengurangi waktu opname di rumah sakit hours hospitalizednyeri tenggorokan throat paindemam, dan trismus dibandingkan dengan kelompok yang hanya diberi antibiotik parenteral.

Antibiotik yang diberikan ialah penisilin Bila terdapat maka untuk mengatasi nyeri, trismus, diberikan analgesia lokal di ganglion sfenopalatum.

Abses peritonsil adalah penyakit infeksi yang paling sering terjadi pada bagian kepala dan abdes.

REFERAT ABSES PERITONSILER

Tes Monospot antibodi heterophile perlu dilakukan pada pasien dengan tonsillitis dan bilateral cervical lymphadenopathy. Komplikasi7 Komplikasi abses peritonsil dapat berupa edema laring akibat tertutupnya rima glotis atau edema glotis akibat proses perluasan radang ke bawah. Fungsinya adalah untuk melawan infeksi. Applied anatomy and physiology mouth and pharynx. Jaringan limfoid lainnya yaitu adenoid tonsil pharingealtonsil lingual, pita lateral faring dan kelenjar-kelenjar limfoid.

  ISOPREP INSTRUCTIONS PDF

Komplikasi juga terjadi akibat tindakan insisi pada abses akibat perdarahan yang terjadi pada arteri supratonsilar. Kemudian dapat terjadi penjalaran ke mediastinum ases mediastinitis. Sebagian penulis menganjurkan 6—8 minggu kemudian mengingat kemungkinan atau sepsis, sedangkan sebagian terjadi lagi menganjurkan tonsilektomi segera.

ABSES PERITONSILER by Gung Istri Julia Tensadiani on Prezi Next

Epidemiologi Abses peritonsil dapat terjadi pada umur tahun, namun paling sering terjadi pada umur tahun. Pallatum molle vellum palati terdiri dari serat otot yang ditunjang oleh peritonsildr fibrosa yang dilapisi oleh mukosa.

Pada bayi posisi laring yang lebih tinggi memungkinkan kontak antara epilglotis dengan permukaan posterior palatum mole. Di inferior akan berpisah dan memasuki jaringan pada dasar lidah dan lateral dinding faring.

Pada pemeriksaan fisik, didapatkan tonsilitis akut dengan asimetri faring sampai dehidrasi dan sepsis. Aditus laringis sendiri tertutup oleh kerja sfingter dari otot tiroaritenoideus dalam plika ariepiglotika dan korda vokalis palsu, di samping aduksi korda vokalis sejati dan aritenoid yang ditimbulkan oleh otot intrinsik laring lainnya.

Gray RF, Hawthrorne M. Didapatkan pembesaran dan nyeri tekan pada kelenjar regional. Sampai saat ini belum ada dilakukan pada perjtonsiler perdarahan abses kesepakatan kapan tonsilektomi peritonsil. Celah atau ruangan ini terjadi karena tonsil tidak mengisi penuh fossa tonsil.

  COURTING MISS HATTIE BY PAMELA MORSI PDF

xbses

REFERAT ABSES PERITONSILER – Free Download PDF

Aspirasi material yang purulen merupakan tanda khas, dan material dapat dikirim untuk dibiakkan untuk mengetahui organisme penyebab infeksi demi kepentingan terapi antibiotika. Kebanyakan pasien menderita nyeri hebat.

Otot ekstralaring juga dapat ikut berperan. Nodus paling penting pada kelompok ini adalah nodus jugulodigastricus, yang terletak di bawah dan belakang angulus mandibulae.

Gejala klinis terus Abses peritonsil akan menggeser kutub superior tonsil ke arah garis tengah dan dapat diketahui derajat pembengkakan yang ditimbulkan di palatum molle. Selama masa embrio, tonsil terbentuk dari kantong pharyngeal kedua sebegai tunas dari sel endodermal. Penjalaran infeksi dan abses ke daerah parafaring, sehingga dapat terjadi abses parafaring. Orofaring terbuka ke rongga mulut pada pilar anterior faring. Abses peritonsil Quinsy merupakan salah satu dari Abses leher dalam dimana selain itu abses leher dalam dapat juga abses retrofaring, abses parafaring, abses submandibula dan angina ludovici Ludwig Angina.

Perlindungan jalan napas selama aksi menelan terjadi melalui berbagai mekanisme berbeda. Sedangkan inervasinya diperoleh dari n. Akumulasi nodus berlokasi di antara kapsul tonsil palatinus dan otot-otot konstriktor pharynx.

Secara klinik kripta dapat merupakan sumber infeksi, baik lokal maupun umum karena dapat terisi sisa makanan, epitel yang terlepas, kuman.